MAKHLUK HIDUP

Lingkungan tersusun dari makhluk hidup dan benda mati (benda tak hidup). Makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan benda tak hidup. Berdasarkan ciri-cirinya, makhluk hidup dibedakan menjadi beberapa kelompok. Berikut ini diuraikan mengenai ciri-ciri makhluk hidup dan pengelompokkannya.

    - Memerlukan Makanan

Makanan merupakan hal yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Makanan diperlukan untuk prose pertumbuhan dan perkembangan serta menghasilkan energi untuk beraibagai aktivitas. Kebutuhan jenis dan cara makhluk hidup memperoleh makanan berbeda-beda. Misalnya tumbuhan dan hewan mendapatkan makanan dengan cara berbeda. Tumbuhan mendapatkan makan melalui prose fotosintesis. Sementara manusi dan hewan tidak mensintesis makanannya sehingga untuk memperoleh makanannya dilakukan dengan memanfaatkan makhluk hidup lain sebagai sumber makanan. Misalnya memakan tumbuhan untuk mendapatkan nutrisi.

    - Bernapas

Makhluk hidup melakukan kegiatan bernapas untuk membakar makanan untuk menghasilkan tenaga. Hewan dan manusia bernapas memerlukan oksigen dari udara dan menghasilkan karbon dioksida dan uap air. Sementara tumbuhan memerlukan karbon dioksida dan uap air untuk proses fotosintesis yang menghasilkan bahan makanan dan oksigen.


    - Bergerak

Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Hewan dan manusia dapat melakukan gerakan berpindah tempat sehingga mudah untuk diamati. Sementara itu, gerakan pada tumbuhan tidak mudah diamati karena tumbuhan tidak berpindah tempat. Gerakan pada tumbuhan merupakan gerakan yang diakibatkan oleh adanya rangsang. Misalnya gerakan tangkai menuju arah datangnya cahaya dan gerakan mengatupnya daun putri malu karena sentuhan.

    - Tumbuh dan Berkembang

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan pada makhluk hidup ditandai dengan pertambahan tinggi dan ukuran yang semakin membesar. Sementara perkembangan merupakan proses makhluk hidup menuju taraf kedewasaan. Misalnya ditandai pembungaan pada tumbuhan.

    - Berkembang Biak

Berkembang biak merupakan cara yang digunakan oleh makhluk hidup untuk menjaga kelestarian jenisnya. Cara perkembangbiakan makhluk hidup dibagi menjadi dua, yaitu perkembangbiakan secara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif merupakan perkembangbiakan  yang melalui peleburen sel gamet jantan dan sel gamet betina. Sementara itu, perkembangbiakan secara vegetatif berlangsung tanpa melalui peleburan sel gamet jantan dan sel gamet betina. Misalnya pada tanaman cocor bebek yang berkembangbiak melalui tunas adventif pada tepi daunnya.


    - Iritabilita

Iritabilita merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsang yang diterima. Hewan dan manusia menanggapi rangsang yang diterima dengan sistem saraf dan diekspresikan melalui alat indra. Sementara tumbuhan menanggapi rangsang salah satunya dengan gerakan. Misalnya daun putri malu yang menanggapi rangsang berupa sentuhan dengan mangatupkan daun.

    - Beradaptasi

Lingkungan merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Lingkungn memiliki kondisi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, makhluk hidup harus memeiliki kemampuan untuk beradaptasi terhadap lingkungan agar mampu bertahan hidup.



0 Response to "MAKHLUK HIDUP"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel