EKOSISTEM

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi satu sama lain. Suatu ekosistem tersusun dari komponen-komponen ekosistem dan satuan-satuan makhluk hidup. Komponen tersebut terdiri dari komponen biotik dan abiotik.


Didalam ekosistem setiap komponen biotik memiliki peran masing-masing dan saling berinteraksi satu sama lain. Jenis-jenis interaksi yang terjadi antar komponen biotik, diantaranya :

  • Simbiosis 
Simbiosis adalah hubungan sangat erat antara dua jenis organisme yang hidup saling berdampingan. Simbiosis yang terjadi antara organisme dibagi menjadi tiga macam, yaitu : simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parastisme
  1. Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antara dua jenis organisme yang saling menguntungkan, misalnya : interaksi antara jamur dan akar tumbuhan yang membentuk mikoriza.
  2. Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua jenis organisme yang menguntungkan salah satu organisme, tetapi tidak merugikan organisme lain. Misalnya : interaksi antara ikan hiu dan ikan remora
  3. Simbiosis Parasitisme adalah hubungan antara dua jenis organisme yang merugikam salah satu pihak, sedangkan pihak lainnya diuntungkan. Misalnya : interaksi antara cacing perut dengan manusia

  • Kompetisi
Kompetisi adalah jenis interaksi antar organisme yang saling bersaing karena memiliki kebutuhan yang sama, misalnya kompetisi beberapa jebis burung di hutan yang memakan jenis serangga yang sama. Hubungan kompetisi terjadi ketika dalam suatu ekosistem terjadi ketidkseimbangan, misalnya kekurangan air, makanan, dan ruang. Hubungan kompetisi dapat terjadi baik antara individu-individu dalam suatu spesies maupun individu-individu yang berbeda spesies. 

  • Predasi
Hubungan predasi adalah hubungan antara organisme yang memangsa dengan organisme yang dimangsa. Misalnya : hubungan antara harimau dan rusa.

  • Antibiosis
Antibiosis adalah interaksi antara makhluk hidup, salah satu makhluk hidup mengeluarkan zat antibiotik yang dapat membahayakan makhluk hidup lainnya. Misalnya interaksi antara jamur peniccilium dan mikrooranisme lain. Jamur ini mengeluarkan racun yang dapat menghambat atau mematikan makhluk hidup lain. Antibiosis pada tumbuhan disebut alelopati, contohnya pada tumbuhan kamboja dan gamal. Tumbuhan ini dapat mengeluarkan racun yang dapat mematikan tumbuhan disekitarnya sehingga tumbuhan ini dapat memenangkan kompetisi dalam memperoleh makanan dan cahaya matahari.

Dalam suatu ekosistem terjadi aliran energi yang dikenal aliran/daur biogeokimia. Daur Biogeokimia adalah daur unsur atau senyawa kimia tertentu yang mengalir dari komponen abiotik ke komponen biotik lalu kembali lagi ke komponen abiotik. Daur bigeokimia meliputi daur nitrogen, daur karbon dan oksigen, daur air, daur fosfor, serta daur sulfur.

0 Response to "EKOSISTEM"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel