SEJARAH KOPI DI INDONESIA

    Masuknya kopi ke Indonesia bermula pada tahun 1696. Pada saat itu bangsa Eropa ingin menggeser komoditas produksi biji kopi bangsa Arab. Sehingga mereka mengembangkan produksi biji kopi dengan membuka lahan perkebunan di daerah jajahan mereka, karena iklim Eropa tidak cocok untuk perkembangan tanaman kopi.

    Belanda dengan bendera VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) mendarat di pulau Jawa dengan membawa kopi dari Malabar, India. Kopi yang dibawa pertama kali ke Indonesia tersebut merupakan jenis kopi arabika.


    
    Belanda mencoba membudidayakan tanaman kopi pertama kali di Batavia, namun gagal karena faktor alam yang sering terjadi diantaranya banjir dan gempa bumi. Tetapi mereka tidak menyerah, dan tetap mendatang bibit-bibit baru untuk di tanam. Dan pada akhirnya budidaya tanaman biji kopi berkembang dengan pesat. Mereka mencoba membuka lahan-lahan  perkebunan di Sumatra, Sulawesi, Bali, Timor, dan pulau-pulau lainnya.\


    Dan pada tahun 1700-an, kopi telah menjadi komoditas perdagangan andalan VOC. Hasil Penjualan biji kopi oleh Belanda meningkat dipasaran Eropa hingga melebihi penjualan dari Mocha, Yaman. Dan pada waktu tersebut Belanda berhasil memonopoli perdagangan biji kopi di Eropa.

0 Response to "SEJARAH KOPI DI INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel