PENCEMARAN TANAH

Tanah merupakan tempat berpijak manusia. Tanah juga merupakan tempat tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan pengahasil kebutuhan sandang, pangan dan papan manusia. 

Pernahkah kalian melihat tempat pembuangan akhir sampah? Apakah yang kalian lihat disana? Pasti kalian melihat gundukan sampah yang berbau. Sampah itu bercampur antara sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan alami seperti daun, sayuran, dan lainnya. Sedangkan sampah anorganik dihasilkan dari bahan-bahan seperti plastik, kaca, dan lain-lain.


Sampah merupakan zat pencemar atau polutan yang dapat menyebabkan pencemaran tanah. Selain itu, penggunaan pestisida (pembasmi hama) dan pupuk kimia dari petanian pun dapat memnyebabkan pencemaran tanah.

Pencemaran tanah ditandai dengan berkurangnya tingkat kesuburan tanah. Tanaman tumbuh lebih lama di tanah yang tercemar. Tanaman pun tidak akan menghasilkan pertumbuhan yang baik, karena zat yang terkandung di dalam tanah sudah hilang. Dan juga tanah yang tercemar sulit untuk menyerap air.



0 Response to "PENCEMARAN TANAH"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel