PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pernahkah kalian melewati suatu daerah yang terdapat banyak pabrik? Kalau pernah, apakah kalian memperhatikan saluran air atau selokan di pinggir jalannya? Bisa dipastikan saluran air tersebut kotor. Bahkan di beberapa tempat ditemukan air yang mengalir di saluran tersebut berwarna hitam. Hal ini disebabkan karena pabrik tersebut sering membuang air limbah ke selokannya.


Penjelasan diatas adalah salah satu bentuk kerusakan lingkungan. Karena air kotor yang berasal dari air limbah pabrik akan mengalir terus menerus menuju sungai. Sungai yang semula bersih akan menjdi kotor. Dan air sungai pun akan menjadi tidak aman dan bisa menimbulkan kematian bagi makhluk hidup yang ada di dalamnnya. Selain itu, air sunga yang kotor sudah tidak dapat dijadikan sumber air minum lagi. Dan keadaan yang seperti ini disebut pencemaran lingkungan.


Pencemaran lingkungan adalah masuknya suatu komponen tertentu kedalam lingkungan yang menyebabkan lingkungan tersebut tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Saat ini, pencemaran terhadap lingkungan berlangsung dimana-mana. Pencemaran lingkungan terjadi karena berbagai aktivitas industri dan manusia.

Berdasarkan lokasi terjadinya, pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :
  • Pencemaran Air
  • Pencemaran Udara
  • Pencemaran Tanah
Zat-zat yang dapat menimbulkan pencemaran pada lingkungan air, udara dan tanah disebut dengan zat pencemar atau sering disebut juga dengan polutan. Zat pencemar merupakan sisa-sisa dari kegiatan manusia seperti sampah atau limbah. 

0 Response to "PENCEMARAN LINGKUNGAN"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel