LINGKUNGAN BIOTIK DAN ABIOTIK

Komponen Biotik meliputi semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini, terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan komponen Abiotk terdiri dari benda-benda mati seperti air, cahaya, udara, suhu dan lainnya. 

Komponen biotik dan abiotik dalam suatu lingkungan menjadi satu bagian. Setiap komponen biotik mempengaruhi komponen abotik dan juga sebaliknya. Antara keduanya timbul saling ketergantungan. 


Didalam ekosistem, tumbuhan berperan menjadi produsen, sedangkan manusia dan hewan berperan menjadi konsumen, serta mikroorganisme berperan sebagai pengurai atau dekomposer. Manusia dibedakan dengan makhluk hdup lainnya karena manusia memiliki kebudayaan dan budi pekerti yang tidak dimilki oleh makhluk hidup lainnya. 

Pada lingkungan biotik terdapat hubungan antara produsen dan konsumen. Produsen sebagai penghasil makanan yaitu tumbuhan hijau, sedangkan konsumen sebagai pengguna makanan yang terdiri dari manusia dan hewan. Hubungan iterjadi ini saling berpautan yang dinamakan rantai makanan. Rantai makanan adalah hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup. 


Apa yang terjadi jika suatu jenis makhluk hidup punah atau hilang ? Berikut ini beberapa akibat yang akan terjadi yaitu : 
  • Terganggunya dan putusnya rantai makanan dalam siklus kehidupan. 
  • Terputusnya materi ekosistem 
  • Terganggunya keseimbangan alam atau lingkungan 
Oleh sebab itu diperlukan suatu pelestarian lingkungan. Pelestarian lingkungan adaah upaya untuk memelihara kelangsungan lingkungan. Dengan kita melestarikan lingkungan, maka akan tercipta keseimbangan alam yang sangat diperlukan agar makhluk hidup dapat bertahan.

0 Response to "LINGKUNGAN BIOTIK DAN ABIOTIK"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel