GEMPA BUMI DAN GUNUNG MELETUS

-GEMPA BUMI


Bumi kita walaupun padat ternyata di dalamnya terjadi pergerakan. Bumi terdiri dari lapisan-lapisan. Lapisan-lapisan ini terus bergerak. Ketika pergerakan lapisan mengeluarkan tenaga yang sangat kuat maka terjadilah gempa bumi.

Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi terbagi menjadi dua. Gempa bumi yang terjadi akibat gempa pergeseran tanah disebut gempa tektonik. Dan gempa yang diakibatkan oleh kegiatan gunung berapi disebut gempa vulkanik.


Dan dampak yang diakibatkan oleh gempa bumi dapat mengakibatkan bangunan-bangunan runtuh, jembatan roboh, hingga korban meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan.

Gempa bumi adalah bencana alam yang tidak dapat ditanggulangi. Manusia tidak dapat mencegah terjadinya gempa bumi. Manusia hanya bisa mengurangi dampak yang diakibatkan oleh gempa bumi. Sebagai contoh, kita bisa mengurangi jumlah korban jiwa dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap gempa bumi. 
 



-GUNUNG MELETUS

Gunung yang dapat meletus adalah gunung berapi. Pernahkah kalian melihat gunung berapi meletus. Dari puncak gunung akan tampak aliran lahar seperti api yang berwarna merah menyala.

Gunung berapi memiliki magma di dasarnya. Pada suatu keadaan, magma tersebut mendesak keluar dan terjadilah gunung meletus.


Banyak sekali kerugian yang diakibatkan oleh gunung meletus diantaranya :
  • Aliran lahar membahayakan nyawa penduduk di sekitar gunung berapi
  • Asap tebal yang keluar akibat dari gunung meletus dapat mengganggu pernapasan
  • Abu halus yang dikeluarkan gunung meletus dapat mengiritasi mata
Dampak gunung berapi yang disampaikan diatas adalah dampak negatif atau yang merugikan. Selain dampak yang merugikan adapula dampak yang positif atau yang menguntungkan. Ketika gunung selesai meletus akan terbentuk kawah. Di kemudian hari, kawah tersebut dapat menjadi objek wisata.

Gunung meletus tidak dapat dihentikan. Kita diharuskan meningkatkan kewaspadaan ketika terjadi gunung meletus. Penduduk sekitar gunung harus secepatnya mengungsi ke daerah teraman yang tidak di lewati oleh aliran lahar ketika terdapat tanda-tanda gunung akan meletus.





0 Response to "GEMPA BUMI DAN GUNUNG MELETUS"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel